2016

Home » Blog » 2016 » Strategic Management untuk Pengembangan Inovasi

26-11-16

Strategic Management untuk Pengembangan Inovasi



  • Bahasa Indonesia
  • English

Rahasia SUCCESS:

  1. Selalu berpikir Strategik (Strategic Thinking) dalam Kerangka Sistem (System Framework) dan menggunakan Aplikasi Design Thinking ketika Mendesain Goal/Sasaran Masa Depan.
  2. Melakukan Inovasi berupa peningkatan dramatik dan cepat (Breakhthrough or Rapid Improvement) ketika menjalani kehidupan menggunakan Desain Rencana Tindakan (Action Plan: 5W-2H) yang diturunkan dari point 1.
  3. Menggunakan Manajemen PDCA (Plan-Do-Check-Act) sebagai kebiasaan dan karakter pribadi, serta apabila Check menunjukkan Target tidak tercapai (Actual < Target) , maka segera melakukan Solusi Masalah melalui menemukan akar-akar penyebab masalah dan menghilangkan semua akar-akar penyebab masalah itu agar tidak berulang kembali.

Aplikasi ketiga kunci SUCCESS di atas telah dilakukan sejak saya pertama kali belajar S3 Teknik Sistem dan Manajemen Industri di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih Indeks Prestasi = 4.0 (Sempurna).

Jika saya TIDAK melakukan ketiga hal di atas, maka sebagai seorang yang pernah dua kali tidak naik kelas di SMA, sehingga HARUS pindah dan lulus dari sekolah yang paling TIDAK berkualitas di Kupang NTT, yaitu: SMA Sinar Pancasila, serta lagi-lagi TIDAK naik kelas karena tidak lulus mata kuliah Pengantar Statistika dari Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana Kupang NTT, PASTI akan terus-menerus TERPURUK dalam menjalani kehidupan masa depan.

Ketika memberikan kuliah umum di Program Doktor Strategik Manajemen di Trisakti International Business School hari ini Sabtu, 26 November 2016, saya menyatakan bahwa jika kita hidup di daerah tertinggal seperti NTT (Nusa Tenggara Timur), maka jika kita ingin maju berarti kita HARUS lebih INOVATIF daripada mereka yang tinggal di Jakarta serta Singapura. Jika hal ini TIDAK dilakukan, maka sampai dunia kiamat pun, kita akan terus-menerus tertinggal dari mereka yang tinggal di Jakarta dan Singapura.

Itulah sebabnya: NTT bukan Nasib Tidak Tentu, Nanti Tuhan Tolong TETAPI harus diubah menjadi: Nasib Tergantung Tindakan, Namun Tetap dalam Tuhan.

Demikian pula NTB bukan Nasib Tidak Baik, Nanti Tuhan Bantu, TETAPI harus diubah menjadi: Nasib Tergantung Bagaimana tindakan kita, Namun Tetap Berdoa!

Untuk memperkuat argumen di atas, maka terlampir adalah bahan presentasi saya tentang: Strategic Management untuk Pengembangan Inovasi yang dikutip dari berbagai sumber referensi.

Strategic Management untuk Pengembangan Inovasi

Salam SUCCESS

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php