2017

Home » Blog » 2017 » Efektivitas Proses Pembelajaran Yang Sesungguhnya

18-08-17

Efektivitas Proses Pembelajaran Yang Sesungguhnya



  • Bahasa Indonesia
  • English

Oleh: Vincent Gaspersz, Lean Six Sigma Master Black Belt & Certified Management System Lead Specialist

 

Pembelajaran (Learning) adalah proses akuisisi pengetahuan (knowledge) atau keterampilan melalui pengalaman, studi, atau diajarkan oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya. Sedangkan Belajar (to Learn) adalah upaya memperoleh pengetahuan dan/atau keterampilan melalui studi, pengalaman, atau diajarkan oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya.

HANYA orang-orang yang memiliki karakteristik berikut yang SUCCESS dalam pembelajaran sekaligus menunjukan efektivitas proses belajar yang sesungguhnya untuk mencapai sasaran (goal) dari pembelajaran itu seperti dikemukakan di atas (lihat Bagan terlampir).

  1. Memiliki kebutuhan intrinsic untuk belajar.

    Catatan: Belajar HARUS merupakan kebutuhan intrinsic BUKAN sekedar karena motivasi ekstrinsik lain seperti agar lulus dan memperoleh nilai, gelar, dll.

  2. Selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan menggunakan kata tanya Mengapa (Why)? BUKAN sekedar bertanya apa ini dan apa itu untuk sekedar mengetahui definisi saja.
  3. Selalu berfokus pada PROSES dan memahami pola-pola perilaku dari proses itu.
  4. Memiliki pengalaman, melakukan eksekusi, melakukan percobaan secara iteratif.
  5. Melakukan refleksi secara mendalam.
  6. Membagi pengetahuan untuk kemajuan bersama.
  7. Pembelajaran HARUS sampai tingkat SINTESIS melalui berbagai sumber referensi dan melintasi bidang ilmu yang relevan agar memahami secara komprehensif.
  8. Memiliki pengertian atau pemahaman melalui aplikasi kontekstual.
  9. Melakukan solusi masalah melalui kerja sama atau kolaborasi.

 

Hal-hal selain poin di atas, akan membuat proses pembelajaran yang dilakukan TIDAK EFEKTIF untuk mencapai sasaran dari pembelajaran itu.

Salam SUCCESS.

WordPress Tabs Free Version

Posted in
css.php